Wednesday, August 16, 2017

Berlari Menembus Mentari Pagi

  Omlagacom       Wednesday, August 16, 2017
Berlari menembus mentari pagi
Credit Photo : travel.detik.com



Suasana pagi masih terdengar lolongan suara binatang di hutan,yang samar samar terdengar pagi ini menganggu tidurku. tak perlu menunggu lama tiba tiba mama membangunkanku

" Nak bangun bangun lekas mandi sudah siang" suara mamaku samar samar

" Ayo siap siap sekolah" lanjutnya membangunkanku

"Iya ma" jawabku sembari beranjak dari tempat tidur

Kuberjalan melalui halaman belakang rumah untuk mandi di sungai,terasa segar sekali udara pagi ini di desa kami yang jauh dari perkotaan.Dengan segera kumandi dengan segarnya air sungai,setelah selesai kukembali menuju rumah dengan tubuh yang sudah segar terkena air.

Segera kuberkemas peralatan belajarku yang tadi malam belum sempat kubereskan,tanpa lama diriku sudah siap berkemas dan tinggal menyantap sarapan buatan mama.

Diiringi doa pagi aku berangkat menuju sekolahku yang berjarak sekitar 4KM dari tempat tinggalku di sebuah distrik. Kuberjalan seorang diri menuju tempatku belajar nanti,suasana jalanan cukup becek karena semalam turun dengan hujan lebatnya.

Hanya kakiku tetap melangkah pasti tanpa alas kaki yang dimasukan dalam tasku,rutinitas setiap pagi yang kutelusuri untuk mencapai sekolah. Tak terasa sudah akan memasuki desa sebelah saatnya untuk bersiap menyeberangi sungai yang lumayan lebar,kulepas celana seragam bawahku diganti dengan celana pendek yang setia menemaniku menyeberangi sungai ini.

Sampai seberang kusalin kembali dengan mengenakan seragam sekolah dan alas kaki untuk meneruskan perjalanan,semangatku untuk menuju sekolah sangat tinggi untuk menggapai mimpi dan tidak boleh kita tertinggal sebagai anak pedalaman.

Keringat mengalir cukup banyak pada saat sampai gerbang sekolahku yang terlihat sudah ramai pagi ini,segera kumemasuki kelas untuk sejenak beristirahat dan melepas lelah setelah perjalanan yang cukup jauh ini.

Tak terasa bel lonceng telah berbunyi tepat pukul 07.00 karena ini hari senin semua anak anak dan para bapak ibu guru kami menuju ke halaman sekolah untuk melaksanakan upacara pagi ini. Rutinitas yang kami lakukan setiap hari senin pagi.

Dengan khidmat kami berada di halaman untuk melaksanakan upacara ini memberikan penghormatan kepada sang saka merah putih bendera negaraku yang sangat kucintai di kalbu. Dalam terik mentari pagi hormatku untuk bendera merah putih dengan segenap jiwa ragaku untuk indonesia.

Selesai upacara kami sejenak bercerita dengan teman kelasku sebelum jam pelajaran dimulai,setelah cukup menunggu sejenak terlihat Pak Paulus guru kami menuju ke kelasku untuk memulai pelajaran pagi ini,dengan telaten beliau memberikan materi kepada kami semua.

Kami anak anak pedalaman sangat antusias mengikuti pelajaran dari guru guru kami karena kami ingin bisa berbuat banyak untuk daerah kami kelak setelah besar nanti,apapun kendala dan rintangan menuju sekolah bukan jadi alasan kami untuk bermalas malasan. 

Lonceng panjang telah berbunyi itu artinya kegiatan sekolah hari ini telah berakhir,ku berkemas dan bersiap untuk menyusuri sungai kembali menuju rumah. Kegiatan sehari hari untuk menuntut ilmu dari sebuah sekolah perbatasan.

Kami merajut asa untuk masa depan kami dalam menggapai mimpi mimpi setinggi awan setinggi sang saka merah putih yang berkibar di sekolah kami.









logoblog

Thanks for reading Berlari Menembus Mentari Pagi

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment